Doa Para Nabi

1. Doa Nabi Adam
“ Robbana dholamna anfusana
wailam tagfirlana
watarhamana
lana kunnana minal khosirin “
Artinya :
Ya Allah , kami telah
mendholimi pada diri kami
sendiri, jika tidak
engkau ampuni kami dan
merahmati kami tentulah kami
menjadi orang yang rugi.
1. Doa Nabi Nuh
“ Robbi inni audzubika an as
alaka maa laisalli bihi ilmun wa
illam tagfirli watarhamni akum
minal khosirin “ (surat Hud; 47)
Artinya :
Ya Tuhanku sesungguhnya aku
berlindung kepadaMu dari
sesuatu yang aku tidak
mengetahui hakekatnya, dan
sekiranya tidak Engkau ampuni
dan belas kasih niscaya aku
termasuk orang – orang yang
merugi
1. Doa Nabi Ibrahim
“ Robbana taqobal minna
innaka anta sami ’ ul alim wa
tub alaina
innaka antat tawwaburrokhim
“ (al baqarah; 128-129)
Artinya :
Ya Tuhan kami terimalah
amalan kami sesungguhnya
Engkau maha mendengar dan
Mengetahui, dan termalah
taubat kami, sesungguhnya
Engkau penerima taubat lagi
Maha Penyayang.
“ Robbi ja alni muqimas sholati
wa min dzuriyyati, robbana wa
taqobal doa, Robbannagh firli
wa li wa li dayya wa li jamiil
mukminina yauma yaqumul
hisab
“ (ibrahim ; 40 -41)
Artinya :
Ya Tuhanku jadikanlah aku dan
anak cucuku orang – orang
yang tetap mendirikan sholat,
ya Tuhanku perkenankanlah
doaku , ya Tuhanku beri
ampunlah aku dan kedua ibu
bapaku dan seluruh orang
mukmin, pada hari terjadinya
hisab.
1. Doa Nabi Yunnus
“ Lailaha illa anta subhanaka
inni kuntum minadh dholimin
“ (al anbiya;87)
Artinya :
Tidak ada Tuhan Tuhan selain
Engkau, Maha Suci Engkau
sesungguhnya aku orang yang
dholim
1. Doa Nabi Zakariya
“ Robbi latadzarni wa anta
choirul warisin “ (an biya ; 89)
Artinya :
Ya Allah janganlah Engkau
membiarkan aku hidup
seorang diri, sesungguhnya
engkau pemberi waris yang
paling baik
“ Robbi habli miladunka
duriyattan, thoyibatan innaka
sami ’ ud du ’ a “ (ali imron;28)
Artinya :
Ya Tuhan berilah aku seorang
anak yang baik dari sisiMu,
sesungguhnya Engkau maha
pendengar Doa
1. Doa Nabi Musa
“ Robis shrohli shodri wa ya
shirli amri wah lul uqdatam mil
lissani yah khohu khouli
“ (Thoha ; )
Artinya :
Ya Tuhanku lapangkanlah
dadaku, dan lancarkanlah
lidahku serta mudahkanlah
urusanku
“ Robbi inni dholamtu nafsi fa
firlhi “ (al qhosos ; 16)
Artinya :
Ya Allah aku menganiaya diri
sendiri, ampunilah aku
“ Robbi Naj jini minal qumid
dholimin “ (
Artinya :
Ya Tuhan lepaskanlah aku
darikaum yang dholim
“ Robbi ini lima anzalta illayya
min khoirin faqir “ (al
qhosos;24)
Artinya :
Ya Tuhanku sesungguhnya aku
memerlukan sesuatu kebaikan
yang Engkau
turunkankepadaku
“ Robbi firli wa li akhi wa
adkhilna fi rohmatika, ya
arhamar rokhimin “ (
Artinya :
Ya Tuhanku ampunilah aku
dan saudaraku dan
masukkanlah
kami ke dalam rahmatMu, dan
Engkau Maha Penyayang
diantara yang menyayangi
1. Doa Nabi Isa
“ Robbana anzil alaina ma
idatam minas samai taqunu
lana idzal li awalina, wa
akhirina, wa
ayyatam minka war zukna
waanta khoiru roziqin “ ( al
maidah ; 114)
Artinya :
Ya Tuhanku turunkanlah pada
kami hidangan dari langit,
yang
turunnya akan menjadi hari
raya bagi kami, yaitu bagi
orang – orang yang bersama
kami dan yang datang sesudah
kami, menjadi tanda bagi
kekuasaan Engkau, berilah
kami
rejeki dan Engkaulah pemberi
rejeki yang paling baik.
1. Doa Nabi Syuaib :
“ Robbana taf bainana, wa
baina kaumina bil haqqi , wa
anta khoirul fatihin “ (A
araf;89)
Artinya :
Berilah keputusan diantara
kami dan
kaum kami dengan adil,
Engkaulah pemberi keputusan
yang sebaik – baiknya.
1. Doa Nabi Ayyub :
“ Robbi inni masyaniyad durru
wa anta arhamur rohimin “
Artinya :
Bahwasanya aku telah ditimpa
bencana, Engkaulah Tuhan
yang paling penyayang
diantara
penyayang.
1. Doa Nabi Sulaiman
“ Robbi auzidni an askhuro
ni ’ matakallati an amta allaya
wa ala wa li dayya wa an a ’
mala
sholikhan tardhohu wa ad
khilni birrohmatika fi ibadikas
sholikhin
“ (an naml; 19)
Artinya :
Ya Tuhan kami berilah aku
ilham untuk selalu mensyukuri
nikmatmu yang telah Engkau
anugerahkan kepadaku, dan
kepada kedua ibu bapakku
dan mengerjakan amal sholeh
yang
Engkau ridloi, dan
masukkanlah
aku dengan rahmatMu
kedalam golongan hamba-
hambMu yang Sholeh.
1. Doa Nabi Luth
“ Robbi naj jini wa ahli mimma
ya ’ malun “
Artinya :
Ya Tuhanku selamatkanlah aku
beserta keluargaku dari
perbuatan yang mereka
kerjakan
“ Robbin surni alal kaumil
mufsidin “ (assyu araa ;169)
Artinya :
Ya Tuhanku tolonglah aku dari
kaum yang berbuat kerusakan
1. Doa Nabi Yusuf
“ Fatiros samawati wal ardli
anta fiddunya wal akhiro
tawwaffani musliman wa al
hiqnibissholihin “ (yusuf ;101)
Artinya :
Wahai pencipta langit dan
bumi Engkaulah pelindungku
di dunia dan akhirat
wafatkanlah aku
dalam keadaan pasrah (islam),
dan masukkanlah aku dengan
orang – orang sholeh.
1. Doa Nabi Muhammad
“ Robbana atina fiddunya
hasanah wa fil akhiroti
hassanah wa qina adza bannar
“ (Albaqarah)
Artinya :
Ya Tuhanku berikanlah aku
kebaikan di dunia dan akhirat,
dan jauhkanlah aku dari api
neraka
“ Robbana latuzig qullubana
ba ’ daidz haddaitana
wahabblana
miladunka, rohmatan innaka
antal wahab ” (Ali Imron;
Artinya :
Ya Tuhanku janganlah Engkau
palingkan hati kami setelah
Engkau beri petunjuk, dan
berilah kami rahmat,
sesungguhnya Engkau adalah
dzat yang banyak
pemberiannya.
Allah Ta’ala Berfirman
“Sesungguhnya mereka (para
nabi)
adalah orang-orang
yang selalu bersegera
dalam(mengerjakan)
perbuatan-perbuatan
yang baik dan mereka berdo`a
kepada Kami
dengan harap dan cemas.
Dan mereka adalah
orang-orang yang
khusyu kepada Kami. (al-
Anbiya:90)
Allah berfirman :
Artinya : ” Dan Rabbmu
berfirman, berdoalah
kepadaKu niscaya akan
Aku perkenankan ” [QS. Al-
Mu’min: 60]

Pos ini dipublikasikan di Islam dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

